sekilas info
breakingnews presiden indonesia 5 tahun ke depan adalah jokowi

Kamis, 26 Februari 2015

tugas wawancara saya

Presenter:  Assalamualaikum wr.wb hari ini saya akan mewawancarai beberapa narasumber yang bersedia memberikan informasi untuk kita semua, yang bertema “Bahaya Merokok” .  asssalamu’alaikum Pak Dokter, perkenal kan nama saya Marta sartika,pertama sekali saya ucapkan Terima Kasih atas waktu yang telah anda berikan,. Saya ingin bertanya kepada Pak  Dokter tentang bahaya dari merokok ??
Dokter : wa’alaikum salam wr. Wb, iya sama –sama, saya akan menjelas kan tentang bahaya dari merokok, pertama merokok itu dapat merusak kesehatan seperti kanker paru –paru, umur berkurang dan rokok juga mengandung Nikotin dan Tar yang sangat tidak baik baik bagi tubuh.
presenter : ooh, bagaimana juga pendapat anda tentang anak Remaja yang sering merokok ???
Dokter : memang betul banyak anak remaja yang sering merokok, dan sebenarnya itu memang sangat berbahaya terutama bagi kesehatan tubuh mereka. Tapi hal ini juga di sebab kan dengan pergaulan yang tidak baik.
Presenter:  Baiklah, saya sudah mengundang seorang pelajar yang pernah merokok. Ya, saudara Yudi kami persilahkan masuk. (yudi masuk) Apa kabar Yudi? Anda tidak keberatan saya wawancarai tentang tema ini?
Yudi: Baik mbak, bagaimana dengan mbak sendiri? Ya, saya tidak keberatan saya kan sekarang udah gak ngerokok lagi
Presenter:  Saya baik juga.Baiklah langsung saja, bagaimana rasanya saat anda pertama kali merokok?
Yudi : Pertamanya sih aku batuk-batuk karna asap rokok, dulunya aku belum tau apa itu rokok. Aku  tau itu rokok saat teman-teman aku  merokok didepan aku.
Presenter: Jadi saat itu anda tertarik untuk mencobanya?
Yudi: ya, karna ajakan teman-teman aku
Presenter: apakah keluarga anda/ orang terdekat anda perokok?
Yudi: Gak, hanya teman aku
Presenter: Jadi hanya anda yang perokok di rumah anda?
Yudi: Menurut aku ya, Cuma  aku sendiri. Papa aku  gak perokok, aku gak pernah nampak dirumah dia merokok
Dokter: Anak jaman sekarang (tersenyum nyindir)
Yudi: ya begitulah dok, tapi aku udah tobat
Presenter: tobat maksud anda?
Yudi: tobat untuk tidak lagi merokok
Presenter : ok, skrang kita akan menghadirkan seseorang siswa teladan, dari smp 2 mandau…langsung saja ini dia hyuga
Prok prok prok,,,,
presenter  : slamat pagi nak,,,
hyuga: pagi buk….
Presenter : nak? Apakah kamu prnah merokok?
Hyuga : tentu tidak prnah buuk,,,,
Presenter : hahaha… bagus !!! apakah alasan hyuga tidak merokok?
Hyuga : hmmm…. Alasannya karna  saya tidak mau masa depan saya hancur,
Presenter : hancur, maksud anda adalah?
Hyuga : gini buk, orng yg mrokok tu kan bisa mnyebkan kangker paru paru, tenggorokan dan mulut. Bila saya terkena pnyakit itu, saya akan mnghabiskan banyak uang untuk mengobati pnyakit ini. Dan itu akan menghabiskan banyak uang, dan dengan resiko yang bsar yakni kmatian
Presenter : ooowh… pemikiran yang bagus hyuga! Saya sangat setuju  dengan pndapat anda
Hyuga : hehehe, trma kasih buuk
Presenter : Apakah ada yang ingin kamu tanyakan dengan pak dokter?
Hyuga : Ada mbak, saya senang sekali kalau disuruh menyanyakan sesuatu hal
Presenter: ya silahkan langsung saja anda tanyakan dengan pak dokter (menunjuk dokter)
Dokter : Apa yang kamu  ingin Tanya kan nak ?
Hyuga : Apakah yang membuat rokok itu berbahaya bagi kesehatan dokter?
Dokter: Yang membuat rokok itu berbahaya adalah komposisi dari rokok tersebut yang berpengaruh pada kesehatan kita, hal yang mendasar adalah tar dan nikotinnya, dan dalam nikotin trsebut membuat kita candu untuk menggunakan rokok tersebut, dan karna asap dri rokok tersebut membuat mata kita katarak,kulit keriput, kerontokan pada rambut, dan apalagi rokok tersebut akan mnyebabkan kita kangker paru paru, kangker tenggorokan, dan kangker mulut.  Itu sebabnya rokok itu brbahaya bagi kita
Hyuga : ooowh... jadi dalam rokok itu, yang membuatnya mnjadi bahaya adalah tar dan asapnya ya dok?
Hyuga : ia yuga
Presenter : Jadi begitu, saudara yudi apa kamu tau bahaya dari merokok itu?
Yudi: saya tau, tapi temman saya meyakinkan saya kalau itu tidak benar jadi saya percaya
Presenter: Apakah secepat itu anda percaya dengan teman anda?
Yudi : iya dong, namanya juga teman, tapi saya sekarang udah berubah gak seperti dulu lagi
Presenter : apakah  yang menyebabkan anda berhenti untuk merokok?
Yudi : ya waktu itu, saya kan merokok di tmpat tempat umum, jadi pada saat itu ada kaka saya yang melihat saya merokok, stelah itu, kaka saya memberi  tau ke orang tua saya,  ya sejak saat itu, saya berhenti  karna saya takut untuk melakukannya lagi, karna orang tua saya mengancam saya kalo saya ketahuan merokok lagi, saya akan di usir dari rumah, walau saya tau itu hanya ancaman, tapi saya takut untuk melawan orang tua saya
Presenter : hahahahha,,,,,   jadi karna sebab itu anda berhenti mrokok ?
Yudi : hehehe,,, iaa
Presenter: apakah anda tau bahaya  dari merokok itu?
Yudi: tau, dampaknya adalah menyebabkan batuk batuk, kaktarak, kulit cepat keiput,kerontokan pada rambut, gangguan pernapasan dan yang paling bahaya adalah kanker paru-paru.
Presenter:  Apakah anda ingin memberi saran untuk remaja di Indonesia?
Yudi: ya, buat teman-teman jangan terpengaruh dengan apapun, apalagi teman kalau itu yang membuat kalian hancur, jadi pikirkan dulu sebelum melakukan, jangan seperti aku. penyesalan itu selalu datang terakhir
Presenter: saya setuju, terima kasih saudara yudi atas sarannya. Bagaimana dengan saudara hyuga?
Hyuga: saran saya sih sama juga dengan yang dibilang yudi tadi. Tidak ada gunanya melakukan hal-hal seperti itu lebih baik kita jadi anak yang biasa-biasa saja. Kalau merokok itu cool, itu salah gak merokok itu yang cool.
Presenter: hahaha betul juga. Ada yang ingin anda sampaikan untuk orang tua untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka?
Dokter: ya, buat bapak-bapak dan ibu-ibu harus lebih memperhatikan anak-anak dan selalu memberisaran kepada anak2 agar tidak terjerumus kepergaulan yang salahseperti yang sudah kita ketauhi pergaulan itu yang sangat berpengaruh dalam pergaulan anak-anak. Juga kenali tanda-tanda anak merokok atau tidak
Presenter: bisa anda jelaskan apa itu tanda-tandanya dok?
Dokter: tanda-tandanya itu bisa kita lihat dari bibirnyayang agak kehitaman dari biasanya. Juga kita bisa mencium dari baju   anak seperti bau asap rokok
Presenter: jadi, kita bisa tau anak itu merokok atau tidak dengan mencium bajunya?
Dokter: ya, asap itu baunya sangat kuat. Misalnya saat kita membakar tentu bau asap itu akan lengket di tubuh/ baju kita,seperti itu juga asap rokok
Presenter: jadi mudah saja ya dok mengenali gejalanya?
Dokter: ya, bisa dibilang begitu
Presenter: oke terima kasih buat waktunya dokter, saudara hyuga dan yudi.
Dokter, hyuga, yudi: sama-sama

Presenter: baiklah, sekian dari perbincangan kami dari bahaya merokok. Mudah-mudah pembicaraan ini bermanfaat untuk kita semua, apabila ada saah kata saya minta maaf. Saya akhiri dengan wassalamualaikum. Wr.wb
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By martinmayudha