sekilas info
breakingnews presiden indonesia 5 tahun ke depan adalah jokowi

Kamis, 26 Februari 2015

Contoh Puisi Kehidupan

Puisi kehidupan- Tidak dapat dipungkiri, kehidupan seringkali menjadi inspirasi kita untuk berkarya. Salah satunya dengan membuat puisi kehidupan. Apapun di dalam kehidupan, apapun yang telah dialami, biasa dituangkan secara kreatif ke dalam syair puisi tentang kehidupan. Tidak susah, namun tidak selalu mudah. dikatakan begitu karena semua orang sebenarnya mampu membuat puisi, namun pada kenyataannya banyak juga yang merasa terkendala dalam membuat syair puisi. 
Puisi Kehidupan
Puisi Kehidupan
Pertanyaannya adalah jika orang lain bisa membuat puisi, mengapa kita tidak bisa membuatnya juga? Beberapa jawaban bisa saja diberikan. Bisa jadi karena ada orang yang berbakat dalam membuat puisi dan ada yang tidak. Namun, banyak juga orang yang sebenarnya merasa tidak mampu membuat puisi, ternyata setelah berusaha membuat puisi, akhirnya jadi juga. Oleh karena itu, kemungkinan kedua lah yang akan digunakan, bahwa kebanyakan orang merasa tidak mampu, tidak pernah mencoba, dan tidak tahu bagaimana caranya membuat puisi.
Padahal tidaklah sulit untuk membuat puisi kehidupan. Faktanya, semua orang hidup dan menjalani kehidupan. Dia punya pengalaman. Beberapa pengalamannya menyenangkan, ada juga yang tidak menyenangkan. Beberapa pengalaman kehidupan rasanya begitu membahagiakan, namun disaat lain kehidupan membuat kita putus asa dan tidak ingin melanjutkan kehidupan. 
Ini artinya sebenarnya kita punya cukup banyak bahan untuk dijadikan puisi. Kita pun sering mengalami emosi-emosi yang mendalam seperti kebahagiaan yang luar biasa, kekecewaan yang mendalam, putus asa, optimis, dan lain sebagainya. adanya bahan untuk dijadikan puisi dan emosi mendalam merupakan 2 hal yang penting dalam membuat puisi. Selain kedua hal ini, hal lain yang sangat dibutuhkan adalah imajinasi atau kemampuan untuk menggambarkan emosi ke dalam sesuatu yang nyata. 
Dalam hal ini, kita tidak perlu memaksa diri untuk menggunakan benda-benda yang tidak familiar dengan kita. Kita bisa menggunakan benda-benda yang sering kita temukan sehari-hari sebagai media untuk menggambarkan keadaan hidup. Ambillah contoh dari pepatah lama, seperti payung. Hanya dengan payung kemudian muncul peribahasa “sedia payung sebelum hujan”. Dengan menggunakan benda seperti roda, kemudian muncul perumpamaan hidup itu seperti roda yang berputar. Itu artinya, hal-hal yang sangat kita kenal pun sebenarnya dengan sangat mudah bisa kita gunakan sebagai bahan untuk membuat puisi. 
Tidak dibutuhkan syair-syair dengan kata-kata sulit untuk membuat sebuah kumpulan puisi tentang kehidupan. Syair-syair dengan kata-kata yang sederhana bisa jadi puisi yang indah. Tidak perlu juga selalu membuat puisi yang panjang. Puisi-puisi yang pendek pun sudah bisa sangat menginspirasi. Kalau cara ini diterapkan, kita bisa membuat sebuah kumpulan puisi tentang kehidupan.
Sebagai contohnya, berikut puisi kehidupan karya salah satu admin puisipedia.com :
Menapaki jalan kehidupan,,,
Langkah tertatih goyahkan iman,,,
Tapaki langkah demi langkah,,,
Demi menunaikan lakon kehidupan,,,

Langkahku semakin berat,,,
Ketika coba kupercepat,,,
Tiada keikhlasan jalani hidup,,,
Bebanpun kian terasa berat,,,

Hening dan damai,,,
Sunyi dan senyap,,,
Aku terlelap,,,

Terbuai harapan,,,
Tumpulkan Semangat,,,

Aku harus terus melangkah,,,!!!
 Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel puisi kehidupan ini, semoga bermanfaat dan memberikan sahabat motivasi dan semangat baru untuk terus menjalani kehidupan yang indah ini.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By martinmayudha